Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut matahari dan semuanya terikat gaya gravitasi. Objek-objek tersebut termasuk 8 buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk 5 planet kerdil, 173 satelit alami yang telah di identifikasi (misalnya bulan), jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet, dan benda lainnya sebagai anggotanya yang beredar mengelilingi pusatnya yaitu matahari pada orbit atau garis edarnya masing-masing.

Sejak pertengahan 2008 ada 5 objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil (ceres, Pluto, haumea, make make, eris) dan ke-8 planet tata surya ialah (merkurius, bumi, mars, yupiter, saturnus, uranus, neptunus) 6 dari ke 8 planet dan 3 dari ke 5 planet itu dikelilingi oleh satelit alami masing-masing bagian luar dikelilingi oeh cincin planet yang terdiri dari debu dan partikel lainnya .

Tata surya terbagi menjadi matahari, 4 planet bagian dalam, sabuk asteroid, 4 planet bagian luar dan dibagian terluar adalah sabuk kuiper dan piringan terbesar. Awan oort diperkirakan terletak dari daerah terjauh yang berjarak sekitar 1000x diluar bagian yang terluar.