H.Bob Sadino

            pria ini adalah sosok entrepreneur sukses yang memulai usahanya benar-benar dari bawah dan bukan berasal dari keluarga wirausaha. Pendiri dan pemilik tunggal Kem Chicks (supermarket), ini mantan supir takasi dan karyawan unilever yang kemudian menjadi pengusaha sukses

            titik balik yang getir menimpa keluarga bob sadino. Bob rindu pulang kampong setelah merantau 9thndi Amsterdam, belanda dan hamburg, jerman sejak tahun 1958. Ia membawa pulang istrinya, menagajak hidup serba kekurangan. Padahal mereka tadnya hidup mapan dengan gaji yang cukup besar.

            Sekembalinya di tanah air, bob bertekad tidak ingin lagi jadi karyawan yang di perintah atasan. Karena itu ia harus apa saja untuk menghidupi diri sendiri dan istrinya. Ia pernah jadi supir taksi. Mobilnya tabrakan dan hancur. Dan beralih menjadi kuli bangunan dngan upah harian Rp 100

            Suatu hari temannya menyarankan memelihara ayam untuk melawan depresi yang di alaminya bob tertarik ketika bertenak ayam itulah muncul inspirasi berwirausaha. Bob memperhatikan kehidupan ayam-ayam ternaknya ia mendapat ilham ayam saja bisa berjuang untuk hiup tentu saja manusia juga bisa. Sebagai pertenak ayam, setiap hari beberapa kilogram telor dalam tempo 1 setengah tahun ia dan istrinya mempunyai langganan terutama asing , karena mereka fasih b.inggris. bob dan istrinya tinggal di kawasan kemang, Jakarta dimana bnyak orang asing yang menetap.

            Peubahan drastis pun terjadi para diri bob, dari pribadi feudal dari pelayan. Setelah itu lama kelamaan bob menjadi pemilik tunggal supermarket Kem Chicks. Bisnis pasar swalayan bob berkembang pesat , merambah ke agribisnis, khusus holtikura, mengelola kebun-kebun sayur mayor untuk konsumsi orang-rang asing di Indonesia. Karena itu menjalin kerjasama dengan para petani di beberapa daerah.

            Bob percaya bahawa setiap langkah sukses selalu diawali kegagalan. Perjalanan wirausaha tidak semulus yang dikira. Ia dan istrinya sering jungkir balik. Baginya uang bukan nomor satu. Yang penting kemauan, komitmen, beranimencari dan menangkap peluang.

 

Nama : bob sadino

Lahir: tanjungkarang, lampung, 9 maret 1933

Agama: islam

Pendidikan:

-SD, Yogyakarta 1947

-SMP, Jakarta 1950

-SMA, jakarta1953

Karir:

-karyawan unilever

-karyawan Djakarta Lloyd, Amsterdam dan hamburg

-pemilik tunggal Kem chicks (supermarket)

-dirut PT. Boga catur rata

-PT Kem Foods (soais dan ham)

-PT Kem Farm (kebun sayur)

About these ads