Gejala kanker serviks – Teman teman tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama penyakit mematikan ini. Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah pertumbuhan sel – sel mulut rahim / serviks yang abnormal dimana sel – sel ini mengalami perubahan ke arah displasia atau mengarah keganasan. Perubahan sel – sel  pada mulut rahim ( serviks ) terjadi selama bertahun – tahun sebelum menjadi sel kanker.

Gejala Kanker serviks ( mulut rahim ) cenderung tidak terdeteksi pada stadium awal. Pada tahap prakanker  atau displasia sampai stadium I, praktis tidak ada keluhan yang dirasakan. Baru menginjak stadium IA – 3B terdapat keluhan. Salah satu tanda yang signifikan adalah keluarnya darah sewaktu berhubungan seks, sedangkan pada stadium 4B, sel kanker mungkin sudah menjalar ke otak dan paru – paru.

 

Berikut ini adalah gejala kanker serviks (kanker  mulut rahim ) yang biasanya terjadi :

  1. Keputihan yang tidak gatal, berwarna coklat, merah dan berbau busuk.
  2. Perdarahan yang abnormal, yaitu perdarahan di antara dua siklus menstruasi, perdarahan pasca menopause, perdarahan spontan per vaginam, perdarahan per vaginam saat buang air besar dan juga nyeri ketika bersenggama.
  3. Dalam stadium lebih lanjut, biasanya terjadi penurunan  nafsu makan, penurunan berat badan, anemia, nyeri panggul dan lain sebagainya.
DETEKSI DINI GEJALA KANKER SERVIKS ( KANKER MULUT RAHIM )

Pada fase prakanker atau pencakalan sebelum berkembang menjadi kanker, tidak ditemukan gejala – gejala yang berarti. Namun gejala kanker serviks yang belum dirasakan ini dapat dideteksi secara dini dengan pemeriksaan pap smear, sehingga akan tampak perubahan – perubahan sel ke arah abnormal. Deteksi dini terhadap gejala kanker serviks ( kanker mulut rahim ) sangat penting dilakukan, karena dengan adanya deteksi dini maka penyakit kanker serviks akan lebih mudah ditangani sebelum menyebar luas ke bagian tubuh lainnya. Untuk mencegah hal – hal yang tidak diinginkan ada baiknya mulai sekarang anda melakukan deteksi dini atas  gejala  kanker mulut rahim atau gejala kanker serviks .