Penyebab kanker serviks – penyakit kanker yang satu ini telah menjadi momok yang menakutkan bagi kaum wanita, selain belum ada obatnya, kanker serviks atau kanker mulut rahim bisa mengakibatkan kematian. Kanker serviks paling sering ditemukan dan menjadi penyebab utama kematian wanita penderita kanker di negara – negara berkembang termasuk Indonesia.

http://edyutomo.com

Penyebab kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah Human Papilloma Virus ( HPV ). virus ini muncul akibat perilaku berganti – ganti pasangan seks sehingga menimbulkan penyakit kelamin. Selain itu sel – sel mulut rahim yang teracuni oleh nikotin yang dikandung dalam darah juga mempunyai kecenderungan mempengaruhi  selaput lendir pada tubuh termasuk selaput lendir pada mulut rahim ( serviks ), sehingga membuatnya rentan terhadap sel – sel kanker.

Penyebab kanker serviks bisa juga diketahui dengan adanya infeksi dari sperma yang mengandung komplemen histone yang dapat bereaksi dengan DNA sel serviks, sehingga menjadi kanker. Cairan sperma pria yang bersifat alkalis juga dapat menimbulkan perubahan pada sel – sel ephitel serviks ( neo plasma dan displasma ) dan mengakibatkan kanker serviks atau kanker mulut rahim.