Lembaga yang mendorong kewirausahaan

 

Peran Perbankan dan Koperasi dalam mendorong peningkatan kewirausahaan di Indonesia- Sebelum masuk ke peran perbankan dan koperasi ada baiknya kita mengetahui apa arti dari Bank dan Koperasi. Pengertian bank menurut Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 1998 dapat disimpulkan bahwa usaha perbankan meliputi tiga kegiatan, yaitu menghimpun dana, menyalurkan dana, dan memberikan jasa bank lainnya. Kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana merupakan kegiatan pokok bank sedangkan memberikan jasa bank lainnya hanya kegiatan pendukung. Sedangkan untuk pengertian Koperasi  menurut Undang-undang Nomor 25 tahun 1992 ialah bidang usaha yang beranggotakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Dari pengertian Bank dan koperasi diatas, dapat disimpulkan bahwa Bank tidak hanya sebagai tempat menyimpan uang namun juga sebagai penghimpun dana dari nasabah yang kemudian akan disalurkan kembali pada masyarakat atau pihak-pihak yang membutuhkan.
Sedangkan untuk koperasi  merupakan kumpulan orang dan bukan kumpulan modal. Koperasi harus betul-betul mengabdi kepada kepentingan perikemanusiaan semata-mata dan bukan kepada kebendaan. K
erjasama dalam koperasi didasarkan pada rasa persamaan derajat, dan kesadaran para anggotanya. Koperasi merupakan wadah demokrasi ekonomi dan sosial. Koperasi adalah milik bersama para anggota, pengurus maupun pengelola. Usaha tersebut diatur sesuai dengan keinginan para anggota melalui musyawarah rapat anggota.

Dari beberapa masalah yang biasa dihadapi wirausawan tersebut harus digunakanlah peranan perbankan dan koperasi dalam mendorong peningkatan kewirausahaan di Indonesia?Untuk wiraausahawan, bank dan koperasi dapat membantu beberapa masalah yang dihadapi para wirausahwan, Peran Bank dan Koperasi bagi wirausahawan diantaranya sebagai berikut :

  1. Sebagai penyalur dana(pemberi kredit)

  2. Tempat menyimpan uang

  3. wadah demokrasi ekonomi dan sosial
    Untuk di Indonesia sendiri sebenarnya sudah ada bebrapa program untuk para wirausahawan. Dan salah satu program itu bernama Kredit Usaha Rakyat(KUR).
     KUR sendiri adalah JENIS KREDIT/PEMBIAYAAN modal kerja dan/atau investasi kepada usaha Mikro, kecil, menengah dan Koperasi (UMKMK) dibidang usaha yang produktif yang layak namun belumBANKABLE.