Kulit manggis, bunga rosella, dan daun sirsak merupakan bahan alami yang baik untuk pengobatan tradisional tumor payudara bahkan untuk penyakit kanker payudara sekalipun.

Bahkan pengobatan tradisional tumor payudara dengan bahan alami tidak kalah bagusnya dengan pengobatan kemoterapi. seperti halnya daun sirsak yang sudah banyak di teliti di negara-negara Eropa. Para peneliti meyakini daun sirsak bisa mengobati penyakit tumor payudara lebih dari 10.000 kali kekuatan kemoterapi. Berikut adalah pernyataan dari ahli mengenai kandungan dan manfaat daun sirsak, kulit manggis dan bunga rosella sebagai pengobatan tradisional kanker payudara yang tidak kalah dengan pengobatan kemoterapi.

 Penelitian Daun sirsak untuk pengobatan tradisional tumor payudara

Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLαughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus sel kanker. Berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 µg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni cuma < 4 µg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi.Sumber lainnya, The Journαl of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak mematikan sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.
Menurut Ervizαl AM Zuhud (kepala Bagian Konservasi dan Keanekaragaman Tanaman, Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor) penelitian sirsak sempat ditutupi-tutupi selama 10 tahun karena ‘mengancam’ kelangsungan hidup kemoterapi dan industri kimia. Apalagi harga sirsak murah. Hasil penelitian itu, ‘Baru tersebar setelah keluarga dari seorang peneliti mengidap kanker dan mempublikasikan di dunia maya.

Penelitian Bunga Rosella untuk Pengobatan Tradisional Tumor Payudara

Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama dari tanaman yang berkelopak bunga tebal (juicy), misalnya Rosela berguna untuk mencegah penyakit Kanker dan Radang, mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah dan melancarkan buang air besar. Bunga rosella sendiri mengandung 260-280 mg vitamin C, vitamin D, B1 dan B2 pada setiap 100 gramnya. Bunga rosella sendiri mengandung kalsium yang begitu tinggi sekitar 486 mg / 100 gr. Selain itu juga mengandung Magnesium, Omega 3 , Vitamin A, Iron, Potasium, Beta Caroteen & Asam Esensial. Melihat kandungannya saja sudah terlihat begitu besar manfaat yang akan didapat.